RSS

Strategi Mengatasi Emotional Eating

Emotional eating adalah dorongan untuk makan atau rasa lapar yang timbul karena dorongan emosi. Orang yang mengalami emotional eating menjadikan makanan sebagai cara pelampiasan emosinya, seperti kemarahan, dendam, kekecewaan, ketakutan, kecemasan, minder, rasa tidak berharga, stress , depresi atau emosi negatif lainnya.

 

Hasil penelitian di Amerika menemukan bahwa 75% orang Amerika makan berlebihan karena stress, depresi, kesepian, marah, kegelisahan dan frustasi. Kondisi inilah yang dikategorikan sebagai emotional eating. Jika hal ini terus terjadi tentunya tidak hanya bobot tubuh yang bertambah tetapi kesehatan pun pasti terganggu.

 

Bagi yang sedang menjalankan diet penurunan berat badan, ini akan mengacaukan program Anda. Karena sering kali menyebabkan makan berlebihan, terutama makanan berkalori tinggi, manis, asin dan makanan berlemak. Namun, kabar baiknya, Anda bisa mengambil langkah untuk kembali ke jalur pola makan yang sesuai dengan tujuan Anda. Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa diambil untuk mengatasi emotional eating:

    • Kenali rasa lapar. Jika Anda baru makan beberapa jam yang lalu perut Anda keroncongan, mungkin Anda tidak benar-benar lapar. Biarkan sensasi itu berlalu dalam beberapa menit.

 

    • Tahu pemicunya. Selama beberapa hari, buatlah food journal, tuliskan apa yang Anda makan, seberapa banyak, perasaan Anda ketika Anda makan dan bagaimana saat Anda lapar. Anda dapat melihat pola yang muncul, jika pola makan itu buruk, Anda bisa mulai memperbaikinya.

 

    • Relaksasi. Saat stress, daripada ngemil, coba manjakan diri Anda dengan melakukan hal-hal yang membuat Anda rileks, bisa mendengarkan musik, membaca atau ngobrol dengan teman untuk mengalihkan perhatian Anda. Coba sekali waktu pergi ke spa atau sauna dengan aroma terapi. Ini cara yang lebih menyenangkan daripada makan.

 

    • Jangan simpan unhealthy food. Hindari memiliki persediaan makanan tidak sehat di rumah. Jika Anda merasa lapar secara emosional, tunda belanja selama beberapa jam sehingga perasaan ini tidak mempengaruhi keputusan Anda saat berbelanja.

 

    • Snack sehat. Jika Anda ingin menyantap snack, pilihlah yang rendah lemak dan rendah karbohidrat, seperti buah segar, sayuran, roti gandum, dan lain-lain.

 

    • Makan makanan yang seimbang. Jika Anda tidak mendapatkan cukup kalori untuk memenuhi kebutuhan energi Anda, mungkin Anda akan lebih cenderung menyerah pada emotional eating. Tingkatkan konsumsi oatmeal atau roti gandum, sayuran dan buah-buahan, serta susu rendah lemak dan sumber protein. Ketika Anda mengisi waktu snack Anda dengan makanan tersebut, Anda akan cenderung merasa kenyang lebih lama.

 

  • Berolahraga teratur dan istirahat yang cukup. Suasana hati Anda lebih mudah dikelola dan tubuh Anda dapat lebih efektif melawan stres kalau sudah bugar dan cukup istirahat.

Emotional eating bisa dicegah dan diatasi jika Anda tahu caranya. Fokus pada perubahan positif yang dapat Anda lakukan dan dapatkan kebiasaan makan dan kesehatan yang lebih baik.

 
2 Komentar

Ditulis oleh pada Juli 16, 2012 in Uncategorized

 

Anjuran Makanan Sehat dan Aman untuk Tubuh saat Diet.

Diet bukan berarti kita mengurangi frekuensi makan dalam seharinya. Frekuensi makan kita tetaplah sama, namun ada hal-hal yang harus diperhatikan untuk menjaga agar tubuh terhindar dari obesitas yakni jenis makanan yang kita makan, porsi makan, serta cara makan. Dalam hal ini, akan dibahas jenis makanan yang dianjurkan untuk diet.

Makan Pagi

Sarapan adalah jadwal makan terpenting yang harus dilakukan. Dengan makan pagi dapat mencegah rasa lapar yang berlebihan saat siang hari. Makanan untuk diet di saat pagi hari bisa dengan menyentap karbohidrat, karena lebih baik bila kita mengonsumsi karbohidrat di pagi hari daripada siang atau malam hari. Hal ini dikarenakan karbohidrat di pagi hari akan lebih mudah menjadi energi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk beraktivitas. Selain itu, imbangi sarapan dengan memakan makanan berserat, bisa juga diakhiri dengan meminum susu rendah lemak. Asumsi bahwa orang yang diet harus menghindari susu adalah kurang tepat, sebab susu merupakan minuman yang memberikan kita zat gizi yang cukup banyak, sehingga cukup dengan mengonsumsi susu yang rendah lemak.

Makan Siang

Utamakan buah-buahan dan makanan berserat saat siang hari. Karena makanan berserat ini tidak akan menjadi tumpukan lemak di dalam tubuh, selain itu tubh pun akan lebih mudah mencerna sehingga baik bagi sistem pencernaan tubuh kita. Konsumsi banyak protein dan kurangi sedikit karbohidrat yang kita konsumsi. Protein ini memiliki fungsi sebagai sumber energi bagi tubuh, namun intensitas kalori yang terkandung lebih rendah dari karbohidrat. Karena itulah, bila kita memperbanyak mengonsumsi protein dapat menekan rasa lapar kita sehingga kita dapat mengurangi porsi karbohidrat yang dikonsumsi saat siang hari. Karena itulah, paduan buah-buahan, makanan berserat dan protein dapat menjadi menu makanan untuk diet yang sehat.

Makan Malam

Saat makan malam hal yang harus benar-benar dihindari adalah makanan dengan kandungan lemak yang tinggi, hal ini karena aktivitas kita saat malam hari tidak seberat saat pagi dan siang hari, sehingga lemak yang kita konsumsi sulit untuk dirubah menjadi energi, melainkan disimpan menjadi lemak dalam tubuh. Buah-buahan dan makanan berserat bisa menjadi menu yang baik saat malam hari. Selain itu, bila kita memiliki kebiasaan menyamil maka pastikan Anda tidak terlalu berlebihan dalam mengonsumsi camilan tersebut. Coklat dengan kandungan 70% cocoa bisa dijadikan camilan saat malam hari, sehingga kita telah menghilangkan rasa lapar dan dapat mengurangi porsi makan malam kita. Namun hal yang perlu diingat adalah saat memakan coklat kontrol diri sendiri agar tidak ketagiahn untuk terus mengonsumsinya. Makanan untuk diet ini dianjurkan untuk terus diterapkan selama proses diet berlangsung agar usaha untuk diet sehat sebelumnya tidak sia-sia.

 

**Sumber : http://www.kesehatan123.com dg perubahan

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Juli 14, 2012 in Uncategorized

 

Menu Makanan Diet Sehat

Mewujudkan obsesi langsing ideal tak melulu harus diet ketat yang menyiksa. Tanpa harus melakukan pembatasan asupan makanan secara ekstrim, Anda bisa memuwujudkan obsesi itu dengan pemilihan menu yang tepat.
 
Pilih makanan yang membuat rasa kenyang bertahan lama sekaligus meningkatkan metabolisme. Coba selipkan makanan super berikut dalam menu diet Anda, demi mewujudkan tubuh langsing ideal :
 
  • Minyak Olive: Sejak 40 tahun silam, para peneliti menemukan bahwa kandungan lemak tak jenuh ganda pada minyak olive ini sangat baik untuk jantung.Karena itu sangat dianjurkan untuk mereka yang memiliki kadar kolesterol tinggi dalam darah. Panelitian terakhir membuktikan minyak olive mengandung pholyphenol yang berfungsi sebagai antioksidan. Minyak olive bisa dipakai untuk menumis atau sebagai saus salad yang menyehatkan terutama extra virgin olive oil.
 
  • Yoghurt: Yoghurt terbuat dari susu sapi segar karena itu sangat kaya akan kalsium yang sangat baik untuk tulang. Kecuali itu bakteri yang ditambahkan dalam yoghurt merupakan bakteri yang sangat baik untuk kesehatan usus. Jika ingin mengurangi lemak bisa mengkonsumsi susu rendah lemak atau tanpa lemak.
 
  • Ikan: Berdasarkan berbagai riset ikan laut terutama yang berasal dari laut yang dalam sangat baik untuk kesehatan jantung karena mengandung lemak omega 3. Lemak inilah yang membuat kandungan kolesterol dalam darah tetap stabil. Sebaiknya ikan dipanggang, dikukus atau dipepes agar tidak mengandung lemak tambahan dalam proses pemasakannya.
 
  • Cokelat: Cokelat? Tiap orang pasti menyukainya. Cokelat bukan hanya nikmat di lidah tetapi juga sangat baik untuk tubuh kita. Cokelat mengandung flavanol yang sangat baik untuk kinerja pembuluh darah sehingga mencegah terjadinya tekanan darah tinggi. Carilah cokelat yang tidak terlalu banyak mengandung gula, minimal memiliki 40% kandungan cokelat.
  •  Kacang-kacangan: Kacang-kacangan sejak dahulu sudah menjadi andalan sumber nutrisi untuk para vegetarian. Kacang bukan hanya gurih dan enak tetapi juga mengandung berbagai vitamin, lemak tak jenih dan sejumlah mineral termasuk antioksidan. Selain untuk bahan tambahan, kacang juga bisa langsung sebagai camilan.
  • Blueberries: Buah berry yang bulat dan berwarna ungu ini sejak tahuan 1999 menjadi populer. Karena riset yang dibuat tentang buah ini telah membuktikan bahwa blueberry bisa memberi efek bagus untuk kesehatan. Terutama kandungan antioksidan yang bisa membuat awet muda dan berjantung sehat.
 
  • Telur: Kandungan protein dalam telur akan membantu Anda merasa kenyang lebih lama. Studi yang melibatkan 30 wanita dengan kelebihan berat badan atau obesitas menunjukkan, menunjukkan bahwa protein dapat mencegah lonjakan gula darah, yang dapat menekan nafsu makan.
Sumber : **dr berbagai sumber
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Juli 14, 2012 in Uncategorized

 

Alasan Perut Kita Menjadi Buncit

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Juli 14, 2012 in Uncategorized

 

Tes yang Harus Dilakukan Sebelum Melakukan Diet

Diet bukanlah sekedar membatasi makanan tertentu. Kesehatan Anda secara keseluruhan juga harus diperhatikan. Beberapa tes perlu Anda lalui untuk mengetahui apakah Anda boleh melakukan diet atau tidak.

Pemeriksaan lipid (lemak)
Deteksi risiko penyakit jantung
Mengapa diperlukan: Tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, kurang gerak, gizi buruk, obesitas, dan diabetes merupakan faktor-faktor risiko untuk penyakit jantung. Sindroma yoyo (berat badan yang naik turun) dapat menurunkan kadar HDL (kolesterol ’baik’), sehingga meningkatkan risiko penyakit jantung. Pemeriksaan lipid ini akan mengukur kadar HDL, LDL (kolesterol ’jahat’), dan trigliserida. Menurut Institut Nasional Jantung, Paru, dan Darah Amerika Serikat, dalam setiap desiliter darah, kadar LDL seharusnya kurang dari 130 mg, kadar HDL lebih dari 55 mg, dan trigliserida tidak lebih dari 250 mg.

Pemeriksaan hemoglobin terglikosiasi (HbA1c)
Deteksi diabetes tipe 2

Mengapa diperlukan: Menurut Institut Nasional Diabetes dan Penyakit Pencernaan & Ginjal Amerika Serikat, kira-kira 5,4 juta orang tidak mengetahui bahwa mereka mengidap diabetes. Pemeriksaan ini diperlukan bila tekanan darah Anda 40/90 atau lebih, berat badan Anda 20% melebihi berat badan ideal Anda, indeks massa tubuh Anda 27 atau lebih, atau Anda berusia 45 tahun atau lebih. Menurut para pakar di bidang gizi, mereka lebih rnenyarankan dilakukannya pemeriksaan hemoglobin ini daripada pemeriksaan glukosa darah puasa, karena lebih menggambarkan kadar gula darah. Dengan demikian, akan mengurangi kemungkinan terjadinya hasil yang tidak akurat.

Pemeriksaan fungsi timid
Deteksi disfungsi tiroid

Mengapa diperlukan: Terutama diperlukan untuk mereka yang ingin meningkatkan berat badan. Keletihan, pertambahan berat badan, dan nyeri otot menandakan terjadinya hipotiroidisme (penurunan fungsi tiroid). Sedangkan penurunan berat badan jantung berdebar-debar, dan kecemasan menunjukkan adanya hipertiroidisme (peningkatan fungsi tiroid). Pemeriksaan yang harus dilakukan setiap tahun (atau setiap tiga bulan bila Anda mengalami gejala-gejala tertentu) ini akan mengukur kadar hormon perangsang tiroid, tiroksin, dan triiodotironin. Perubahan kadar salah satu dari ketiganya menandakan adanya suatu masalah. Setelah hipotiroidisme diatasi berat badan memang akan berkurang dengan mudah. Namun, kelebihan berat badan tidak selalu merupakan hasil ketidakseimbangan hormonal.

Pemeriksaan fungsi ginjal
Deteksi ureum dan kreatinin darah

Mengapa diperlukan: Pemeriksaan ini dapat mengukur adanya penurunan fungsi ginjal dimana terdapat peningkatan kadar ureum dan kreatinin dalam darah. Bila ini terjadi, ada baiknya Anda membatasi asupan protein, agar tidak memperberat kerja ginjal.

Deteksi kadar asam urat darah
Mengapa diperlukan: Diet rendah kalori biasanya akan meningkatkan kadar asam urat dalam darah. Kadar yang memang sudah tinggi sebelumnya dapat bertambah tinggi, bila Anda menjalankan diet ini. Kadar asam urat yang tinggi dapat menimbulkan penyakit gout dan batu ginjal.

**Gambarsumber : jadilangsing.com

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Juli 13, 2012 in Uncategorized

 

Pengen Langsing ??

Hallo saudaraku semua…

mau tahu cara menurunkan berat badan secara sehat dan gak pakai keringat berlebihan? tanpa olahraga berat dan tanpa waktu yang lama? Gak menyiksa hingga harus mengurangi porsi makan?

Yang tentunya sehat dan gak bikin badan kita balik lagi kayak semula.
Saya punya solusinya, FibreSlim solusi sehat diet bernurisi 🙂
Hanya dengan konsumsi FibreSlim selama seminggu Berat badan kita bisa turun 2-3kg.
FibreSlim tidak bikin maag sakit, tubuh gemetar, dan  badan lemas.
Sudah banyak testimoni yang saya dapatkan dari rekan konsumen yang menggunakan FibreSlim sebagai teman diet sehat bernutrisi.
Mari buktikan bersama saya. hub : 081328174222
-ayc7- 

Gambar

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Juli 13, 2012 in Uncategorized